Fokus Rohil

Ribuan Masyarakat Ramaikan Isra Mi'raj

BAGANSIAPIAPI - Ribuan masyarakat Kota Bagansiapiapi termasuk seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta honorel meramaikan Isra Mi'raj yang digelar Pemkab Rohil, Kamis (5/7) malam di pelataran rumah dinas Bupati, Jalan Perwira.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati, H Suyatno, Sekda, Wan Amir Firdaus serta pejabat lainnya dengan mengundang ustad KH. Zulkarnaen dari Sumatra Utara (Sumut). Antusias masyarakat luas untuk hadir begitu tinggi meski kondisi hujan.

KH Zulkarnaen, dalam ceramahnya begitu berapi-api mengupas Isra Mi'raj. "Dua kata Isra da Mi'raj perlu dikupas,  Isra, berarti perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram hingga Masjidil Aqsa. Lalu dalam Mi’raj, Nabi Muhammad SAW dinaikkan ke langit sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi. Di sini Beliau mendapat perintah langsung dari Allah SWT untuk menunaikan salat lima waktu," terang KH Zulkarnaen.

Menurutnya, Isra Mi’raj adalah dua bagian dari perjalanan yang dilakukan oleh Muhammad dalam waktu satu malam saja. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam. Karena, peristiwa ini hanya dialami Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk menunaikan shalat lima waktu sehari semalam.

"Bagi umat Islam, peristiwa tersebut merupakan peristiwa yang berharga, karena ketika inilah salat lima waktu diwajibkan, dan tidak ada Nabi lain yang mendapat perjalanan sampai ke Sidratul Muntaha seperti ini. Walaupun begitu, peristiwa ini jugacdikatakan memuat berbagai macam hal yang membuat Rasullullah SAW sedih," papar ustad ini.

Sementara, dalam menyambut Bulan Ramadhan, lanjut Zulkarnaen. seluruh umat Islam harus mempersiapkan diri. Karena, bulan-bulan yang ada di dunia, hanya Bulan Ramadhan yang disebut Allah SWT di dalam Al Qur'an" dan bagi siapa yang berbahagia dalam menyambut kedatangan Bulan Ramadhan, maka diharamkan bagi dirinya api neraka pada akhir zaman," ulas Zulkarnaen.

Sementara itu, Wakil Bupati, H Suyatno, dalam sambutannya mengatakan, Isra Mi'raj yang dilaksanakan oleh Pemkab Rohil ini sekaligus menyambut datangnnya bulan suci Ramadhan yang sudah hitungan hari lagi. "Selain itu, kegiatan ini untuk bersilaturahmi kepada masyarakat dengan Pemerintah Kabupaten Rohil. Mari kita saling maaf-memaafkan. Mempererat hubungan yang baik dalam membangun Rohil bersama-sama," kata Suyatno. (rep/01)